Halloween Costume ideas 2015

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Solusi Agar Guru Melek IT



Sesuai dengan tuntutan profesionalisme guru dalam mendidik maka kemampuan setiap guru untuk mengembangkan bahan ajarnya yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi mutlak di perlukan. Hal ini diperlukan seiring dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi komunikasi maupun teknologi komputer saat ini. Dan pengajaran yang diberikan kepada peserta didik lebih menarik, lebih menggugah ghiroh ( semangat ) peserta didik untuk terus belajar dikarenakan pembelajaran yang diberikan oleh guru cenderung menarik dan tidak monoton. Semua itu kemungkinan besar didukung oleh metode dan cara pemberian materi yang berbasis TIK mudah dicerna dan lebih tepat pada sasaran. 

Ada sebuah problematika besar pada saat ini, disaat guru dituntut untuk bisa lebih mengembangkan bahan ajar atapun metode ajar berbasis TIK, terdapat pula kendala dimana tidak jarang guru yang sampai saat ini mungkin belum paham dan tidak begitu familier dengan penggunaan bahan ajar berbasis TIK, padahal bila ditelisik lebih mendalam pembelajaran berbasis TIK ini sedikit banyak membantu setiap guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didiknya agar lebih dapat dipahami dan dimengerti secara cepat. 

Kendala-kendala yang dialami bagi sebagian guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis TIK yang paling banyak ditemui adalah seorang pendidik atau dalam hal adalah guru enggan, ataupun kurang bersemangat untuk mencoba metode pembelajaran berbasis TIK dikarenakan seorang pendidik tersebut tidak mau belajar untuk mehamami bagaimana belajar menggunakan perangkat TIK secara maksimal untuk membantu dalam proses pembelajaran. Hal ini bisa disebabkan karena faktor usia dari gurunya sendiri yaitu merasa tidak sanggup untuk belajar hal baru apalagi harus berpikir keras untuk belajar dari awal. 

Beberapa penyebab lainnya adalah kendala kurangnya fasilitas terutama bagi guru di daerah pedesaan. Masih banyak beberapa sekolah yang belum memiliki unit komputer. Hal ini mempengaruhi guru yang ingin belajar terkait teknologi informasi dan komputer.

Untuk mempercepat ketercapaian materi yang diberikan, digunakan sebuah konsep pelatihan dengan tutor sebaya, maksudnya adalah setiap anggota pelatihan yang sudah lebih dahulu memahami tentang sebuah materi yang akan disampaikan maka diharuskan untuk menularkannya pada sebayanya yang belum memahami, ini bertujuan untuk lebih bisa mempercepat pemahaman bagi yang belum begitu paham dengan materi yang diberikan. Di samping itu diharuskan pula ada tutor inti yang akan memberikan materi secara menyeluruh kepada setiap peserta pelatihan. Dimana tutor ini adalah orang yang berkompeten secara akademis dalam menyampaikan pokok materi. 

Modul merupakan hal yang sangat membantu dalam percepatan pencapaian tujuan pelatihan, dimana modul ini berisi teori, latihan-latihan atau petunjuk-petunjuk praktek selama peserta pelatihan mengikuti program pelatihan. Konsep modul yang diberikan adalah bercirikan ATM ( Amati, Tiru dan Modifikasi ), artinya bisa jadi isi dari materi modul tidak sama dengan yang dikerjakan oleh peserta pelatihan dikarenakan peserta wajib untuk mengamati lalu kemudian menirukan dan selanjutnya adalah melakukan modifikasi agar setiap pekerjaan ataupun praktek yang dilakukan dari sisi materi akan lebih berkembang atau tidak monoton.  

Setiap peserta akan mendapatkan sebuah modul dari setiap materi yang disampaikan bahkan bisa jadi mendapatkan se-bundle modul yang mencakup isi materi dari keseluruhan pelatihan. Hal ini bisa disesuaikan dikarenakan ada kemungkinan guru akan lebih memahami jika modul diberikan secara berangsur sesuai dengan materi yang diberikan. Diharapkan dengan cara ini tidak menjadikan materi bahan ajar hanya bertumpuk saja, disebabkan keengganan untuk membaca atau mempraktekan dikarenakan ketebalan modul yang begitu tebal.


  

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget