Halloween Costume ideas 2015

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Ditjen PAUD Dikmas Kemendikbud Gelar Seminar Sambut MEA

Mendikbud Anies Baswedan usai menggelar Seminar dan Pameran Nasional Kursus dan Pelatihan di Bandung, Kamis (19/11/2015).
Bandung, Harian Guru --- Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen PAUD Dikmas Kemendikbud) menggelar Seminar Nasional dengan tajuk Gerakan Indonesia Kompeten.

Tujuan hal itu adalah mendiseminasikan tentang Implementasi Nawacita di dalam bidang pendidikan dan implikasinya terhadap era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), khususnya di bidang kelautan, perikanan, pariwisata, dan otomotif.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menegaskan bahwa MEA merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk dapat terintegrasi dengan dunia.
Untuk itu, Indonesia perlu memiliki kompetensi berstandar global. Menurut Mendikbud, menaikkan kompetensi berstandar global harus dilakukan secara masif, bukan hanya oleh segelintir orang.

"Di sinilah ada Gerakan Indonesia Kompeten, sehingga menaikkan kompetensi bukan dianggap sebagai sebuah program tapi memang masif dilakukan masyarakat," ujarnya saat memberikan sambutan di Seminar dan Pameran Nasional Kursus dan Pelatihan di Bandung, Kamis (19/11/2015).

Mendikbud menjadi pembicara kunci dalam seminar untuk tema "Membangun Kualitas dan Produktivitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang Berkarakter dan Berdaya Saing di Bidang Kelautan/Perikanan, Otomotif dan Pariwisata.

Tema dari seminar nasional ini adalah "Menumbuhkembangkan Gerakan Indonesia Kompeten (GIK) Menuju Bangsa yang Berkarakter dan Berdaya Saing di Bidang Kelautan/Perikanan, Pariwisata, dan Otomotif". Alasan pemilihan bidang otomotif, karena otomotif merupakan bidang yang berperan penting di dalam penyerapan tenaga kerja, dan tulang punggung industri Indonesia. Sedangkan bidang kelautan dan perikanan dipilih karena bidang tersebut yang mendukung Indonesia sebagai poros maritim dunia, dan dapat menjadi penyumbang devisa yang besar bagi Indonesia.

Hasil pertemuan negara-negara Asean mengungkapkan, MEA merupakan kondisi dari pemberlakuan pasar bebas regional antarnegara ASEAN, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan stabilitas perekonomian masyarakat antarnegara ASEAN.

Pada saat diberlakukan MEA, terjadi akses keluar masuk barang jasa dari luar negeri lebih mudah tanpa hambatan, diikuti dengan tenaga kerja asing dari luar negeri. Akibatnya, persaingan antarmasyarakat secara global akan meningkat dan terdapat kemungkinan tenaga kerja asing akan menempati berbagai jabatan profesi di Indonesia.

Mendikbud berpesan agar para generasi muda minimal dapat menggunakan tiga bahasa yaitu bahasa daerah, bahasa nasional, dan bahasa internasional.

"Kita dorong ini maka anak generasi penerus kita bisa berkomunikasi di kancah internasional. Jadi, kita bukan sebagai audiens pendengar, tapi juga dapat meramaikan panggung internasional dunia," ujarnya. (Gloria Gracia).
Label:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget