Halloween Costume ideas 2015

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Kemendikbud Dukung Masa Depan Penerjemahan Karya Budaya

Jakarta, Harian Guru - Frankfurt Book Fair 2015 di mana Indonesia berperan sebagai tamu kehormatan, telah usai. Banyak dukungan dari para sastrawan dan seniman agar pemerintah meneruskan program penerjemahan karya sastra yang telah dilakukan pada Frankfurt Book Fair 2015.

Mendikbud Anies Baswedan merespons positif aspirasi tersebut. Ia menyatakan komitmennya untuk meneruskan program penerjemahan, tidak hanya untuk karya sastra, tetapi juga karya budaya lainnya.

“Kita menginginkan agar karya Indonesia tidak hanya menjadi tuan rumah di negeri sendiri, melainkan juga di negeri orang. Harus ada upaya serius dalam penerjemahan. Tidak terbatas dalam urusan yang terkait dengan produk sastra saja,” katanya dalam acara syukuran dan ramah tamah dengan Komite Nasional Indonesia untuk Frankfurt Book Fair 2015, di Plasa Insan Berprestasi Kemendikbud, Jakarta, Rabu malam (25/11/2015).

Ia kemudian menceritakan kunjungannya ke Google Cultural Institute di Paris, beberapa waktu lalu. Mendikbud mengatakan, Google Cultural Institute telah menjadikan Candi Borobudur sebagai situs pertama yang bisa dijelajahi para peselancar dunia maya melalui kemampuan visual digital dari Google. Ke depannya, ujar Mendikbud, Google Cultural Institute akan bekerja sama dengan Kemendikbud agar situs-situs bersejarah lain di Indonesia juga bisa dikunjungi secara virtual.

“Misalnya kita bisa jalan-jalan ke keraton-keraton di Indonesia secara virtual, atau menjelajahi Sangiran secara virtual. Jadi proses penerjemahan jangan hanya fokus pada satu produk budaya saja,” ujar Mendikbud.

Ia mengatakan, Indonesia adalah negara yang besar, karena itu kita harus memikirkan sesuatu yang besar untuk semakin membesarkan nama Indonesia di kancah internasional. “Pondasinya dimulai dari pengalaman Frankfurt Book Fair 2015. Kemendikbud insyaAllah berkomitmen menjalankan itu semua,” tuturnya. (Desliana Maulipaksi).

Label:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget