Halloween Costume ideas 2015

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Nilai UKG 2015 Guru PAUD di Sulsel Lebih Tinggi dari Guru Dikdas

Suasana UKG.
Makassar, Harian Guru  - Nilai Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 akan berakhir pada 27 November 2015. Saat ini memang banyak orang mencari daftar nilai UKG di Jakarta 2015, juga nilai UKG di Maluku, Surabaya, Semarang, Medan dan juga lainnya.

Untuk di Provinsi Sulawesi Selatan, justru ada fakta menarik seputar hasil uji kompetensi para guru di provinsi itu.

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Salam Soba menyatakan, hasil uji kompetensi para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sulsel, lebih baik dibandingkan dengan hasil UKG para guru pendidikan dasar (SD dan SMP).

“Itu nilai UKG guru PAUD rata-rata 70, sedangkan nilai rata-rata guru SD dan SMP malah dapat 40-an,” ujarnya saat acara dialog Kemendikbud dengan lembaga atau organisasi masyarakat (ormas) di Makassar, Sulawesi Selatan, (26/11/2015).

Salam mengungkapkan, salah satu faktor adanya kesenjangan perbedaan hasil UKG tersebut karena para guru PAUD di Sulsel banyak yang berusia muda, sehingga lebih kreatif dan tanggap terhadap penggunaan komputer.

“Sedangkan guru SD/SMP di Sulsel tergolong kurang motivasi untuk mengikuti pelatihan dan UKG itu sendiri,” katanya. Ia mengatakan, peserta UKG di Makassar sebanyak 115.000 orang, dari total 145.000 guru yang tersebar di seluruh provinsi Sulsel.

Sementara Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud E. Nurzaman mengungkapkan, nilai UKG dari masing-masing guru dapat menggambarkan dua kemampuan guru, yaitu kemampuan pedagogik, dan profesional.

“Kategorinya itu bisa saja nilainya 80 belum tentu bagus dua-duanya, bisa saja pedagoginya bagus 80, sedangkan kemampuan profesionalnya kurang,” ungkap dia.

Pihaknya mengungkapkan bahwa hasil UKG akan diformulasikan untuk analisis kebutuhan diklat. Misalnya seberapa tinggi atau rendah penguasaan kompetensi seorang guru sehingga ada pemetaan. Kemudian, peta kemampuan tadi dianalisis untuk dijadikan sebagai dasar dalam program peningkatan kemampuan guru.

UKG merupakan alat pemetaan bagi kompetensi guru. Sebanyak 2.949.122 guru mengikuti UKG 2015, dari total sejumlah 3.015.315 guru dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini samapi dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Naskah soal yang diujikan sebanyak 200 paket soal dengan 200 mata pelajaran. Pelaksanaanya, guru mengerjakan satu mata pelajaran sesuai dengan sertifikat profesinya atau mata pelajaran yang diampunya, dengan mengerjakan sebanyak 60-120 soal selama 120 menit. (Gloria Gracia/Desliana Maulipaksi).
Label:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget