Halloween Costume ideas 2015

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Perpustakaan Kemendikbud Gelar Workshop Literasi Informasi

Suasana workshop literasi informasi, Rabu (25/11/2015).
Jakarta, Harian Guru - Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada Rabu (25/11/2015) menggelar workshop literasi informasi bagi guru dan pustakawan sekolah. Kegiatan ini digelar di Perpustakaan Kemendikbud Jakarta.

 Workshop tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Pekan Perpustakaan Kemendikbud 2015.

“Workshop seperti ini penting sekali untuk pustakawan dan guru dalam pemecahan masalah siswa,” ujar Hana Chaterina George, Ketua Asosiasi Profesional Informasi Sekolah Indonesia (APISI).
Hana menambahkan bahwa saat ini banyak siswa yang tidak tahu akan pentingnya mencantumkan sumber informasi yang ia ambil. Hal tersebut terjadi karena sejak dini tidak pernah diajarkan mengenai literasi informasi, tambah Hana.

M. Ihsan, Ketua Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) mengatakan bahwa pustakawan itu bukan pengelola buku tapi pengelola data, informasi, pengetahuan yang ada di dalam buku, sehingga keterampilan literasi informasi sangat dibutuhkan.

Workshop Literasi Informasi ini diharapkan dapat membantu siswa dalam mengenali kebutuhan informasi dan bagaimana mencari informasi tersebut dengan baik dan benar, kata Chaidir Amir, Kepala Subbagian Perpustakaan Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kemendikbud.

Peserta workshop ini berjumlah 28 orang yang terdiri dari guru dan pustakawan sekolah. Manfaat penerapan literasi informasi ini, yaitu: a. Keragaman sumber informasi dalam bentuk tercetak maupun elektronik; b. meningkatkan kemampuan reading comprehension dan kemampuan pembelajaran serta penelitian; c. siswa yang memperoleh keterampilan literasi informasi di sekolah akan lebih sukses di perguruan tinggi; dan d. menjadi pembelajaran seumur hidup. (Dwi Retnawati/Handi Sandi)

Label:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget