Halloween Costume ideas 2015

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Teliti Model Inovasi Madrasah, Aji Sofanudin Sandang Doktor Unnes

Aji Sofanudin (kiri) usai ujian saat foto bersama keluarga di kampus PPs Unnes. 
Semarang, Harianguru.com – Aji Sofanudin, S.Pd.I, MSi, pada Senin (24/10/2016), berhasil mempertahankan disertasinya berjudul  “Model Inovasi Pendidikan Berorientasi Mutu Pada Madrasah Ibtidaiyah (Studi pada Madrasah Partnership, Madrasah Berbasis Pesantren, dan Madrasah Model)” dalam sidang tertutup di gedung G11 Pascasarjana Unnes, kampus Bendan, Semarang.


Dijelaskan dia, bahwa penelitiannya tersebut menggunakan pendekatan kualitatif yakni penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Metode kualitatif yang digunakan adalah studi fenomenologi.


Penelitian ini menggunakan multi-case studies pada 3 madrasah ibtidaiyah, yaitu MI Sunniyah II Selo Grobogan, MI Wahid Hasyim Yogyakarta, dan MIN Malang 1 Kota Malang. Pemilihan dan penentuan lokasi tersebut dilatarbelakangi oleh beberapa pertimbangan (1) kategorisasi madrasah ibtidaiyah yang dibuat oleh Direktorat Pendidikan Madrasah Kementerian Agama RI, (2) nilai akreditasi, (3) situasi sosial madrasah ibtidaiyah,” papar Aji Sofanudi kepada Harianguru.com, Rabu (26/10/2016).


Dalam ujian tertutup tersebut, Aji mempertahankan disertasinya di hadapan tim penguji yang terdiri atas Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum (Ketua), Prof. Dr. Achmad Slamet, M.Si (Sekretaris), dengan para anggota sebagai berikut (1) Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum (Promotor), (2) Prof. Dr. Wasino, M.Hum (Co-Promotor), (3) Prof. Dr. Rusdarti, M.Si (Anggota Promotor), (4) Prof. Dr. Fatah Syukur, M.Ag (Penguji Eksternal), (5) Prof. Dr. Haryono, M.Psi (Penguji), (6) Prof. Dr. rer nat Wahyu Hardyanto (Penguji), dan (7) Dr. Titi Prihatin, M.Pd (Penguji).



Fokus penelitian ini adalah mengungkap bagaimana model inovasi pendidikan berorientasi mutu pada Madrasah Ibtidaiyah Sunniyah II Selo Grobogan, MI Wahid Hasyim Yogyakarta, dan MIN Malang 1 Kota Malang,” papar pria kelahiran Tegal, 17 Desember 1978 tersebut.


Fokus penelitian ini, lanjut Aji, meliputi menjadi 4 aspek, yaitu (1) orientasi mutu, (2) bentuk inovasi, (3) faktor pendukung dan penghambat inovasi, serta (4) karakteristik model inovasi. “Penelitian ini menempuh tahapan penelitian sebagai berikut: (1) studi persiapan orientasi, (2) studi eksplorasi umum, dan (3) studi eksplorasi terfokus,” beber magister jebolan Pascasarjana Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta tersebut.


Diterangkan dia, bahwa dalam penelitiannya tersebut, pada MI Sunniyah II Selo Grobogan menerapkan top down innovation model, di mana inovasi muncul karena adanya kebijakan pemerintah. Pada MI Wahid Hasyim Yogyakarta menerapkan bottom up innovation model, di mana inovasi muncul dari bawah yakni dari satuan pendidikan itu sendiri.


Pada MIN Malang 1 Kota Malang menerapkan top down and bottom up innovation model, di mana gagasan inovasi bisa muncul dari atas yakni dari kementerian Agama, bisa juga dari bawah yakni dari satuan pendidikan itu sendiri,” ungkap Peneliti Muda pada Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang, bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan tersebut.


Aji Sofanudin adalah salah satu mahasiswa studi Program S-3 Manajemen Kependidikan Universitas Negeri Semarang angkatan 2013. Dari angkatannya tersebut, baru dia yang sudah ujian tertutup dan berhasil mempertahankan disertasinya. Ia mengatakan, bahwa selangkah lagi dan tinggal menunggu jadwal ujian promosi doktor yang sampai berita ini ditulis masih diproses pihak kampus. “Alhamdulillah, IPK saya 4,0 dan dari angkatan saya baru saya yang sudah ujian,” pungkasnya. (Red-HG99).

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget