Halloween Costume ideas 2015

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Warna-Warni Kecerdasan Anak dan Pendampinganya


Oleh: Sa’aadatul Muflichah
Mahasiswi Semester II Prodi PIAUD STAINU Temanggung

Judul Buku          : Warna-Warni Kecerdasan Dan Pendampingannya
Penulis                : Mg. Sulistiorini, F.X. Warindrayana, Ch.Triharini dan kawan-kawan.
Penerbit              : Kansius(Anggota IKAPI)
Kota Terbit          : Jl. Cempaka 9, Deresan, Yogyakarta 5528.
Tahun terbit       :  2006
ISBN                  : 979-21-1182-4
Jumlah Halaman: 297

Tulisan ini disusun dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia Lanjutan yang diampu Hamidulloh Ibda, M.Pd

Gagasan Utama :
Anak mempunyai warna kecerdasan tersendiri, yang berbeda dari yang lain.

Gagasan Tambahan :
Kecerdasan anak bukanlah dari kecerdasan intelektualnya saja tapi ada 4 aspek kecerdasan anaak itu yaitu kecerdasan intelektual kecerdasan emosional kecerdasan moral dan spiritual. Tapi para orang tua hanya meyakini kecerdasan intelektualnya saja apabila anak tersebut dikatan cerdas. Anak dikatakan cerdas apabia ia bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Kreativitas juga dapat disebut dengan kecerdasan anak. Kreativitas merupakan  suatu cara berfikir  mengarah pada berbagai kemungkinan penyelesaian menghasilkan ide. Kreativitas anak dimana anak akan menjelajah, memiliki keingin tahuan yang besar senang berimajinasi untuk menghasilkan suatu yang menabjubkan.

Orang tua harus mengetahu bakat anak sehingga keceerdasan yang dimiliki oleh anak dapat berkembang. Mengetahui bakat anak orang tua hendaknya memperhatikan apa yang digemari anaknya. Kemudian orang tua membentu mengembangkat bakat anak dengan melatihnya atau memasukkan anak suatu sekolah les sesuai dengan bakat anak, Sehingga anak akan bisa bersosialisasi karena banyak teman, juga bisa membangun kepercayaan dirinya.

Di dalam sekolah guru harus mengembangkan kemampuan anak dengan cara guru memberikan pengetahuan-pengetahuan pada anak. Dan melatik anak mengembangkan keaktivan anak dalam belajar.

Pembaruan Ide dalam Tulisan:
Kecerdasan dasar anak yang sering disebut kecerdasan majemuk, pertama kali dimunculkan oleh Howard Garder. Teori belajar dan kecerdasan mampu menjadi dasar dan caraa pandang baru dalam mengembangkan kemampuan setiap anak. Sebagai berikut:
 (1) kecerdasan bahasa. Kecerdasan bahasa stiap hari anak membutuhkan kecerdasan bahasa untuk mencerna isi cerita, menceritakan pengalamannya, mengajarkan tugas membuat karangan puisi dsb.Mengembangkan kecerdasan bahasa sebagai orang tua atau sebagai pendidik dengan menceritakan dongeng setiap harinya. Mengajak anak berdiolog setiap hari dan juga mengajak anak untuk bercerita apa yang dilakukan hari itu, (2)Kecerdasan musik dalam kecerdesan anak-anak dengan kecerdasan ini anak dapat menghafal syair-syair lagu, hafal not, juga bisa memainkan alat musik. Namun jangan puas jika anak punya kecerdasan dan terampil dalam musikal. Sebagai orang tua pun harus mengembangkan ketrampilan tersebut, sehingga anak dapat berkembang lebih bagus. (3) kecerdasan logis, dengan kecerdasan ini anak biasanya berprestasi dalam pelajaran sekolah khususnya IPA dan Matematika. (4) kecerdasan antar pribadi, dalam kecerdasan ini ditunjukkan anak dengan kemampuan empati, kemauan untuk berbagi, bisa menunjukan kasih sayangnya dengan nyata dengan teman-temanya .(5) kecerdasan memahami diri, anak yang mempunyai kecerdasan ini berkemampuan mengenali diri sendiri dan berhasil cara mengobati kekecewakannya atau mengatasi kebosanan. (6) kecerdasan spasial, anak akan berimajinasi sendiri dengan menggambar apa yang dilihatnya dan membuat dimensi-dimensi baru. (7) kecerdasan olah tubuh, misalnya atlet, pemahat, dan montir.(8) kecerdasan naturalis, anak-anak yang mempunyai kecerdasan naturalis anak senang dengan berbau alam. (hlm. 82)

Kritik Tulisan:
Mendengarkan musik klasik merupakan bagian menstimulasi perkembangan otak anak. Masa tumbuh kembang otak anak paling pesat adalah sejak masa kehamilan sampai berumur tiga tahun. (hlm. 33)

Saya kurarang setuju dalam buku warna-warni kecerdasan meningkatkan perkembangan otak anak dengan mendengarkan musik klasik. Karena dengan musik klasik biasanya mengarah pada musik barat.

Pujian Tulisan:
Menurut saya tulisan buku warna-warni kecerdasan sudah bagus, rapi, dan dapat dipahami oleh pembaca dan memberikan penegetahuan kepada pembaca untuk mengembangkan kecerdasan anak.

Label:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget