Halloween Costume ideas 2015

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Pramuka MA Mahida Ngagel Pati Resmi Dilantik

Pati, Harianguru.com - Pangkalan MA Manahijul Huda (MA MAHIDA) Ngagel, Kecamatan Dukuhseti, Pati, Jawa Tengah yang tergabung pramuka Dewan Ambalan Ahmad Yani dan Cut Nyak Dien ini melakukan pelantikan pramuka penegak tingkat Bantara, Kamis kemarin (19/04/2018).

Pelantikan Bantara ini diikuti oleh ratusan anggota pramuka penegak mulai dari unsur Dewan Kehormatan Penegak, pengurus Dewan Ambalan Penegak, dan calon Penegak.

Ketua panitia, Moh Nasikhun Amin menvatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal seseorang yang tergabung di Gerakan Pramuka (Gerpra), khususnya di Pramuka Penegak yang akan memasuki kepramukaan yang sesungguhnya.

“Mudah-mudahan para Pramuka yang telah dilantik ini menjadi Pramuka Penegak lebih giat mengembangkan minat, bakat dan pengetahuannya di bidang kepramukaan salah satunya melanjutkan proses pendidikannya dengan mencapai Kecakapan lainnya. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) bahkan kalau bisa mencapai Pramuka Tingkat Laksana," Harap ketua panitia.

Pelantikan Bantara  diawali dengan upacara pembukaan yang bertempat di halaman Masjid Baiturrohman Ngagel. Kemudian dimulai pemberangkatan peserta pukul 07.40 WIB untuk melaksanakan hiking. Tak lupa setiap sangga berbaris rapi dan tertib untuk menyusuri rute perjalanan.

Dalam hiking ini, setiap sangga diwajibkan berhenti di setiap pos yang dijaga oleh beberapa senior. Di pos pertama setiap sangga diuji kemampuannya dalam menghafal Tri Satya dan Dasa Dharma. Pada pos kedua, para peserta diminta untuk membuat bentuk simpul dengan tali temali minimal. Selanjutnya di pos ketiga diminta untuk menyanyikan lagu wajib dan yel-yel. Kemudian di pos keempat para peserta pelantikan diuji dalam hal penciuman dan perasa. Lalu dipos kelima diminta untuk melaksanakan PBB (Pengaturan Baris Berbaris). Dan yang terakhir, di pos keenam ini yang ditunggu-tunggu peserta yaitu halang rintang.



"Saya merasa senang bisa mengikuti pelantikan bantara ini meskipun agak melelahkan. Karna ini juga dapat melatih kemampuan kepramukaan siswa," ujar Luthfia Angelina salah satu siswa yang dilantik.



Sesampainya di madrasah peserta pelantikan beristirahat dan dilanjutkan dengan upacara pelantikan pukul 16.00 WIB. Upacara pelantikan ini ditandai dengan pembacaan sandi ambalan dan penyematan Tanda Kecakapan Umum (TKU) Bantara. Kegiatan ini sendiri merupakan prosesi pelantikan dan pengukuhan seorang Pramuka yang telah menyelesaikan Syarat-Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak sehingga berhak menggunakan Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak Bantara. SKU Penegak



Pelantikan Bantara ini ditutup dengan pemberian hadiah kepada sangga terbaik. Untuk sangga yang terbaik yaitu sangga penegas 3. Kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah serta foto bersama. (HG44/Mishwa Calista Meli/Muh Ibrahim Musa).

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget