Halloween Costume ideas 2015

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Dunia Para Pecinta Binatang


Judul       : Me and My Pet (kisah-Kisah Unik Dengan Hewan Peliharaan)
Penulis   : Muhammad Getar dkk.           
Penerbit : DIVA Press.
Cetakan : Pertama, Februari 2018
ISBN        : 978-602-391-509-5
Tebal       : 152 halaman.
Harga      : Rp38.000
Peresensi: Vita Aprilia Kartikasari, Mahasiswi Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang

Dunia sastra kembali diramaikan dengan buku yang terbit baru-baru ini dengan judul “Me and My Pet”. Seperti judul yang diangkatnya, penerbit ‘menuangkan’ 23 cerpen pilihan dengan tema kisah menarik bersama hewan peliharaan. Cerpen-cerpen tersebut merupakan hasil lomba menulis yang diadakan oleh penerbit pada bulan Agustus sampai September 2017. Bukan hanya tema itu saja, pada saat yang sama penerbit melakukan lomba yang sama untuk tema yang berbeda. Singkatnya, buku ini merupakan satu dari empat buku keluaran penerbit DIVA Press dari hasil lomba menulis untuk umum pada waktu yang bersamaan.

Hal ini menarik lantaran tema yang diambil oleh penerbit merupakan sesuatu yang jarang muncul atau jarang ditemukan di toko buku. Jika kebanyakan buku-buku kumpulan cerpen yang lain bertemakan percintaan, buku ini hadir dengan kebaruan ide pada tema yang diusungnya. Terlebih, pada cerpen-cerpen yang dilombakan harus memenuhi beberapa syarat, salah satunya yaitu kisah-kisah yang diajukan ikut lomba harus berupa kisah nyata yang pernah dialami oleh penulis cerpen. Lantaran buku ini merupakan buku hasil lomba, maka pada setiap judul cerpennya ditulis oleh pengarangarang atau penulis yang berbeda-beda pula. Hal tersebut sedikit memengaruhi kenyamanan saat membaca lantaran pada setiap judulnya pembaca harus menyesuaikan kembali gaya bahasa yang digunakan oleh setiap penulis sehingga bisa dikatakan bahwa keterbacaannya kurang baik.

Dalam buku ini terdapat 23 cerpen. Setiap cerpennya menceritakan berbagai kisah sedih maupun senang dengan hewan-hewan peliharaan masing-masing. Peliharaan yang dimaksud beranekaragam, mulai dari yang yang lazim dan paling banyak dibahas yaitu hewan kucing, anjing, burung, hemster sampai yang tidak lazim untuk dijadikan peliharaan yaitu diantaranya hewan kutu, bahkan tikus.

Namun jika diperhatikan terdapat beberapa cerita hampir sama, salah satu diantaranya yaitu cerpen berjudul “Prasangka” dan “Mao, Si Pemalu”. Dengan pola cerita yang hampir sama yaitu: menemukan kucing, memeliharanya dengan baik, terjadi suatu hal hingga membuat kucing itu marah lalu pergi menghilang.   

Saat saya membaca buku ini, saya merasa bahwa saya harus bisa menyayangi lingkungan sekitar saya bahkan kepada hewan sekalipun. Melihat cerita-cerita dalam novel ini yang setiap pengarangnya sangat menyayangi hewan peliharaannya masing-masing membuat saya merasa saya juga harus memiliki kepekaan dan  rasa sayang yang seperti itu terhadap sesama makhluk bumi.

Secara keseluruhan buku ini sangat bagus karena memberikan efek baik bagi pembaca (saya) yang notabennya tidak begitu menyukai binatang menjadi lebih menghargai atau paling tidak, tidak mengganggu habitat binatang tersebut. Saya rasa buku ini sangat cocok bagi anda yang ingin memelihara binatang, karena di dalamnya terdapat cara merawat berbagai hewan peliharaan.

Selain itu, buku ini juga bermanfaat bagi anda yang tidak menyukai binatang agar lebih menghargai dan menyayangi binatang yang ada di sekitar kita. Terlebih untuk pecinta binatang, buku ini akan membuat anda lebih menyayangi binatang-binatang anda dan akan berusaha agar  tidak kehilangan binatang tersebut, karena di dalam buku ini banyak dijumpai seseorang yang gagal merawat binatang peliharaannya. (hg44).
Label:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget