Halloween Costume ideas 2015

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Ponpes Sunan Plumbon Lestarikan Seni Leak

salah satu pertunjukan seni leak dalam haflah Ponpes Sunan Plumbon
Temanggung, Harianguru.com - Lembaga pendidikan Islam, salah satunya pondok pesantren, tak sekadar mengurusi dan melestarikan pendidikan. Namun juga seni sebagai salah satu cakupan kebudayaan di Indonesia ini.

Tak heran, jika ribuan warga membanjiri  Haflah Attasyakur Lil Ikhtitam Ponpes Sunan Plumbun RT 4 Desa Krajan, Kecamatan Tembarak, Temanggung, Senin malam (7/5/2018). Mereka, hanya ingin menonton seni leak, kuda lumping sebagai salah satu khazanah budaya khas Temanggung ini.

Pantauan di lapangan, mereka menonton seni leak khas Kabupaten Temanggung yang menampilkan sejumlah atraksi dari grup seni Turonggo Tunggal.

Ponpes Sunan Plumbon Temanggung merupakan salah satu lembaga berbentuk pendidikan yang menerapkan sistem pembelajaran bandongan, sorogan , halaqah dan lainya.

Dalam rangkaian haflah itu, salah satu kesenian yang ditarik dan digaungkan lewat pertunjukan seni itu adalah leak dan kuda lumping khas Temanggung.

Warga berduyun-duyun menonton kesenian itu dari berbagai daerah. Ada yang dari Tembarak sendiri, Temanggung, Gemawang, bahkan dari Kendal, Magelang, Semarang dan Lembata.

Keunikan ini membuat penonton rela berdesak-desakan karena tidak tiap hari warga bisa menikmati suguhan menarik dari para seniman leak dan kuda lumping itu. (hg59/hi).

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget