Halloween Costume ideas 2015

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tantangan PGMI di Era Zaman Now

Oleh: Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I

Tuntutan zaman now semakin kompleks dan tinggi. Termasuk mutu pendidikan di jenjang pendidikan tinggi, salah satunya bagi prodi Pgmi. Sebenarnya intinya apa sih? Menurut Emma Sue-Prince dlm buku The Advantage, yaitu kemampuan beradaptasi. Untuk bisa beradaptasi, keterampilan apa yang dibutuhkan dan perlu diajarkan sejak di bangku kuliah.

1. Keterampilan berpikir kritis
Berpikir kritis terlahir dari keterampilan berpikir tingkat tinggi (hots). Hots tdk begitu saja bisa dimiliki. Hots harus dibiasakan dan dibelajarkan. Pada akhirnya, hots menjadi habit dlm berpikir. Nah, mungkin dulu kita sempat berpikir bahwa hots tidak cocok untuk jenjang SD/MI. Menurut Nugroho dan Eric Jensen, hots perlu diajarkan sejak dini. Utamanya pada jenjang SD/MI. Namun, perlu disederhanakan dari aspek penyampaiannya.

2. Keterampilan berpikir kreatif. Berpikir kreatif merupakan kemampuan berpikir inovatif. Keterampilan untuk menemukan sesuatu yang beda dan berdampak. Ini juga sama dengan keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kreatif perlu dibiasakan dan dibelajarkan shg seseorang mampu menghasilkan produk pemikiran yg inovatif. Untuk belajar bagaimana berpikir kreatif bisa dibaca buku karya William Cord Murray berjudul Borrowing Brilliance atau buku Scott D. Anthony berjudul The Black Book of Innovation.

Terima kasih.
Semoga bermanfaat.
Label:

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget