Halloween Costume ideas 2015

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Kontingen Ngawen dan Jiken Juara Pesta Siaga 2019

Blora, Harianguru.com - Pertemuan Pramuka Sehari dalam rangka Pesta Siaga tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Blora tahun 2019 berlangsung seru di SMK Negeri 1 Jati, Jumat (22/2/2019) kemarin, bertepatan dengan Hari Baden Powell (Bapak Pandu Dunia). Sebanyak 32 regu atau barung Pramuka Siaga yang terdiri dari 16 regu putra dan 16 regu putri dari 16 Kwartir Ranting (Kwaran) se Kabupaten Blora ikut serta dalam acara ini.

Pesta Siaga diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Blora, H.Arief Rohman M.Si yang tidak lain Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Blora. Di halaman SMK Negeri 1 Jati, seluruh peserta membentuk lingkaran besar untuk mendengarkan amanat dari Kak Arief Rohman sebelum memulai perlombaan.

Wakil Bupati dalam sambutannya menyatakan rasa senang dan bangganya bisa berada di tengah adik-adik siaga yang pemberani dan sehat. Ia juga mengucapkan Selamat Hari Baden Powell ke 162 untuk seluruh anggota Pramuka se Kabupaten Blora.

Pesta Siaga ini kegiatan yang sangat positif dalam membentuk karakter adik-adik siaga. Kami berharap melalui kegiatan ini dapat mendorong perkembangan dan kemandirian Gerakan Pramuka khususnya Pramuka Siaga untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal, lebih baik dan beriman pada masa yang akan datang,” ucapnya.

Wakil Bupati juga mengajak seluruh jajaran untuk mensukseskan kegiatan Pesta Siaga dengan tema Gembira, Kreatif, dan Bersahabat yang pada tahun ini mempunyai makna luar biasa. Sebuah tema yang tidak jauh dengan dunia adik-adik yang sangat menggembirakan.

Perlu diketahui bersama bahwa kegiatan ini tidak berhenti disini, melainkan masih ada kegiatan di tingkat Binwil Pati dan sampai ke Tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah.

Kepada Kakak Pembina Pendamping saya berpesan; tanamkan dalam jiwa adik-adik peserta bahwa ini adalah kompetisi yang menyenangkan bukan menegangkan, junjung tinggi nilai-nilai luhur yang tertanam dalam Dwi Darma Pramuka, ada darma yang mampu mencetak kaum muda berkarakter,” lanjutnya.

Dalam upacara pembukaan juga dilakukan pemberian hadiah berupa kuis wawasan kebangsaan untuk adik-adik siaga oleh Wakil Bupati bersama Kapolres dan Dandim yang pada kesempatan itu turut hadir langsung ke SMK Negeri 1 Jati.

Sejumlah pertunjukan seni budaya juga ditampilkan dalam acara ini, seperti drumband, seni barongan, tari tradisional, dan aneka permainan. Pesta Siaga resmi dibuka oleh Wakil Bupati dengan pelepasan balon disertai burung yang keluar dari replika tunas kelapa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Forkopimda, Kepala OPD, Forkopimcam, Camat se Kabupaten Blora, Organisasi Wanita se Kabupaten Blora dan seluruh pengurus Pramuka.

Selama satu hari seluruh regu atau barung mempertunjukkan kemampuannya dengan percaya diri, kompak dan semangat, di masing-masing pos atau taman penilaian. Diantaranya Ketaqwaan, Keimanan, Permainan Besar, Yel-yel, Pengetahuan Umum/Pramuka, Penglihatan dan Ingatan, Tali dan Ikatan, Kompas, Kereta Bola Basket, Pentas Budaya, PBB (Baris-berbaris) hingga Bumbung Kemanusiaan.

Nadia, salah satu peserta Pesta Siaga merasa senang bisa tampil dengan regunya dalam ajang tahunan tersebut. Meskipun cuaca terik, tidak mengurangi semangat nya untuk menampilkan kemampuan terbaiknya.

Saya dan teman-teman sudah latihan, dan sekarang saatnya kita tampil agar bisa unggul. Pengennya bisa menang dan dapat piala seperti saat di tingkat Kecamatan beberapa waktu lalu,” ucap Nadia.

Handika Rahman, salah satu panitia sekaligus tim juri menerangkan bahwa setelah semua penampilan dinilai dan direkap, diperoleh masing-masing barung tergiat putra dan putri. Dimana tergiat pertama hingga ketiga nantinya akan mewakili Blora di Pesta Siaga tingkat Binwil Pati yang akan dilaksanakan bulan Maret.

Berdasarkan rekap nilai, diperoleh tiga regu tergiat sebagai berikut :
Tergiat Putra
Tergiat I Barung Siaga dari SDN 4 Jiken dengan nilai 1047,6
Tergiat II Barung Siaga dari SDN 1 Ngawen dengan nilai 1031,6
Tergiat III Barung Siaga dari SDN 5 Jepon dengan nilai 1016

Tergiat Putri
Tergiat I Barung Siaga dari SDN 2 Ngawen dengan nilai 1040,6
Tergiat II Barung Siaga dari SDN Giyanti dengan nilai 1021,3
Tergiat III Barung Siaga dari SDN 1 Nglandeyan dengan nilai 1017,9

Penyerahan hadiah dan piala dilakukan langsung dalam upacara penutupan yang dilaksanakan pada sore harinya. (HG44/Hms).

Posting Komentar

Harianguru.com

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget