Halloween Costume ideas 2015

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Era New Normal, Pemerintah Jangan Lupakan Pondok Pesantren

Hj.Nur Nadlifah, S.Ag, MM
Jakarta, Harianguru.com - Peran pondok pesantren dalam sejarahnya tidak diragukan lagi. Tak hanya dalam bidang agama dan pendidikan, namun kaum santri terbukti ikut mempertahankan NKRI dengan wujud Hari Santri Nasional sebagai peringatan mengenang jasa mereka.

Maka Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengingatkan kepada Pemerintah agar jangan lupa pada Pondok Pesantren (Ponpes) dalam penerapan era new normal. Demikian disampaikan anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKB Hj.Nur Nadlifah, S.Ag, MM dari Dapil IX Jawa Tengah ( Kabupaten Brebes, Kota Tegal, Kabupaten Tegal).

PKB secara resmi, kata Nur Nadlifah, mendesak kepada Pemerintah untuk memperhatikan kelangsungan pondok pesantren dalam masa new normal covid-19. Dengan mempertimbangkan kehidupan sekitar 28.000 pesantren  dengan 18 juta santri yang tersebar di Indonesia, Pondok pesantren agar dapat kembali memulai proses belajar mengajar.

" Kondisi sarana dan prasarana pesantren yang sebagian besar belum ememnuhi standar kesehatan seperti pusat kesehatan pesantren, sarana MCK, Alat Pelindung Diri (APD), alat rapid test, hand sanitizer, masker dan lainnya, katanya, Rabu (27/05/2020).

Kondisi ini, lanjut Nur Nadlifah, harus segera diantisipasi untuk ditangani dan ditemukan solusinya oleh Pemerintah pusat hingga daerah. Apabila dibiarkan tanpa adanya intervensi dan bantuan nyata dari Pemerintah, maka Pondok pesantren dengan segala potensinya akan menjadi problem besar bagi bangsa ini.

" Oleh karena itu, PKB mendesak kepada pemerintah agar segera memfasilitasi rapid test dan pemeriksaan swab massal untuk seluruh kyai dan santri, pemenuhan kebutuhan pangan dan ekonomi pesantren, penyediaan sarana dan prasarana yang memenuhi standar new normal dan alokasi anggaran khusus yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi, maupun APBD Kabupaten/Kota untuk pesantren selama masa new normal," imbuhnya.

Nur Nadlifah juga berpesan, bahwa Pondok Pesantren merupakan garda terdepan percontohan Pendidikan Keagamaan di Indonesia, dan Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan keagamaan tertua di Republik Indonesia yang sudah ada sebelum kemerdekaan Indonesia, untuk itu Pesantren mempunyai peran yang sangat berpengaruh penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan dan perubahan akhlak generasi yang akan datang.  (hg77/LH/BU)
Label:

Posting Komentar

Harianguru.com

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget