Halloween Costume ideas 2015

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Workshop PTK dan Luaran Penelitian KKG Godean


Yogyakarta, Harianguru.com - Kegiatan pengabdian masyarakat berjudul “Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Luaran Penelitian pada KKG Kelas IV Kecamatan Godean” telah dilaksanakan di SD N Semarangan 4 Godean Bantul pada hari Sabtu, 18 September 2021. Tahap pra-pelsksanaan dilakukan untuk mengetahui kondisi dan potensi serta permasalahan yang dimiliki guru-guru KKG Kelas IV Kecamatan Godean. Tahap ini dilaksanakan melalui percapakan di whatsapp dengan guru kelas IV SD N Semarangan 4 Godean dan melalui mahasiswa PPG Prajab yang PPL di SD N Semarangan 4 Godean. Melalui wawancara diketahui bahwa: a) Guru-guru masih mengalami kesulitan pada saat melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terutama pada identifikasi permasalahan, analisis data, dan penulisan laporan PTK; b) Guru-guru masih mengalami kesulitan mengenai luaran penelitian yang dihasilkan terutama pada menulis artikel jurnal dan prosiding; c) Perlu adanya kegiatan workshop penelitian tindakan kelas baik penyusunan proposal sampai pada penyusunan laporan penelitian; d). Perlu kegiatan workshop mengetahui jenis-jenis luaran penelitian, misal artikel media massa, jurnal, prosiding, HAKI, buku, dll.

 

Observasi Observasi dan wawancara mengenai permasalahan yang dihadapi guru- guru kelas IV se-Kecamatan Godean melalui whatsapp pada tanggal 10 September 2021. Setelah diketahui kondisi umum guru-guru KKG Kelas IV Kecamatan Godean, tim pengabdi menyusun kegiatan Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Luaran Penelitian pada KKG Kelas IV Kecamatan Godean yang nantinya dapat diimplementasikan di kelas. Tahap analisis dilaksanakan pada tanggal 09-10 September 2021. Pada tahap ini tim pengabdi melakukan observasi karakteristik guru-guru KKG Kelas IV Kecamatan Godean.

 

Setelah itu dilaksanakan koordinasi dengan tim pengabdi, karena terkait permasalahan yang dihadapi guru-guru kelas IV se-Kecamatan Godean melalui whatsapp. Kemudian tim juga menyusun jadwal dan teknis kegiatan sesuai dengan hasil diskusi dengan guru kelas IV SD N Semarangan 4 Godean. Selain itu analisis juga berkaitan tempat pelaksanaan kegiatan terkait dengan pengaturan jaga jarak, kemudian protokol Kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, pembatasan jumlah peserta yang ikut pada kegiatan. Kegiatan ini akan dilaksanakan di SD N Semarangan 4 Godean, kemudian juga disesdiakan sabun cuci tangan, handsanitizer, serta pembatasan jarak antar peserta saat kegiatan berlangsung.

Pada tahap demonstrasi, tim pengabdi memberikan penjelasan mengenai identifikasi masalah, penyusunan proposal, dan penyusunan laporan PTK. Identifikasi masalah dapat dilihat dari evaluasi diri guru melalui menjawab pernyataan: Apakah dalam menjelaskan materi, saya menggunakan bahasa yang cukup jelas? Apakah saya menggunakan istilah-istilah yang sulit dimengerti peserta didik? Apakah dalam menjelaskan, saya menggunakan contoh yang cukup? Apakah dalam menjelaskan, saya menggunakan alat bantu? Apakah saya memberitahukan waktu ulangan kepada peserta didik?, bertanya ke siswa, melihat dokumen, observasi temuan permasalahan yang ada di kelas.

Penyusunan proposal PTK meliputi pendahuluan, landasan teori dan hipotesis tindakan, metode penelitian, serta instrumen penelitian. Penyusunan laporan PTK meliputi pendahuluan, landasan teori dan hipotesis tindakan, metode penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, simpulan, implikasi, saran serta instrumen penelitian. Setelah itu tim menjelaskan mengenai luaran penelitian misalnya artikel jurnal, artikel prosiding, artikel media massa, produk, HAKI, Paten dll. Setelah penyampaian materi kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dengan guru-guru. Adapun pernyataan dari guru mengenai menyusun abstrak pada artikel jurnal/prosiding, kemudian menentukan pembatasan masalah serta menyusun indikator keberhasilan.

Kemudian dijelaskan oleh pemateri penyusunan abstrak terdiri atas tujuan penelitian, metode penelitian, dan hasil penelitian, kemudian disusun dalam satu paragraf dan spasi 1, menyesuaikan dengan template masing-masing jurnal. Kemudian untuk pembatasan masalah dipertimbangkan urgensi dari masalah tersebut dan kemampuan baik dari segi guru, tenaga, dan dana. Selanjutnya untuk indikator keberhasilan disesuaikan dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau kriteria skala misalnya sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, sangat rendah, dll. Pada tahap evaluasi ini dilakukan diskusi terhadap kegiatan yang telah dilakukan serta direncanakan tindak lanjut selanjutnya. Kegiatan pengabdian masyarakat dapat dilaksanakan dengan baik tanpa kendala yang berarti. Guru-guru KKG Kelas IV Kecamatan Godean mengetahui penyusunan proposal PTK, laporan PTK, dan berbagai luaran penelitian.  (Trisniawati, Siti Anafiah, Diki Darmawan, Diyah Syafitri)

 

 

Label:

Posting Komentar

Harianguru.com

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget